Selasa, 08 Oktober 2019

Informatika: Siswa Belajar Membuat Aplikasi Dengan Macro VBA Excel

Setelah belajar tentang pemograman dengan coding games, para siswa siswi SMAN 1 Bojonegoro dalam mapel Informatika mendapatkan materi pemograman menggunakan script Macro VBA Excel. Para siswa siswi diajak untuk membuat aplikasi sederhana misal aplikasi entry data siswa, entry surat masuk dan buat menu login. Siswa siswi SMAN 1 Bojonegoro dalam materi ini dapat belajar tentang fungsi Module, Form dan Tombol Hyperlink. Siswa siswi diajak belajar pemograman script Macro VBA Excel karena sangat penting dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dalam administrasi berbasis komputerisasi.

Betapa pentingnya belajar Excel makro merupakan salah satu skill yang harus dimiliki bagi anda yang beraktivitas menggunakan Excel makro sebagai program pembantu anda. Karena dengan menguasai macro pada excel pekerjaan yang dikerjakan berjam-jam bisa di kerja hanya dengan beberpa menit saja, apa lagi bila pekerjaan anda monoton. Dalam mempelajari excel makro siswa siswi harus bisa bahasa pemrograman VBA. Mengusai Program VBA tidak sulit, selagi kita memilki kemauan yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Kenapa VBA, apa keuntungan VBA? Baik saya akan jelaskan keunungan VBA, sebagai berikut :
  • Excel akan mengeksekusi semua perintah yang diperintahkan dalam urutan yang sama/konsisten. 
  • Excel aakan melaksanakan semua perintah tadi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari pada dilakukan secara manual.

Dengan pemrogramman yang baik maka perintah akan berjalan dengan baik. Untuk melakukan pekerjaan yang memakan waktu, VBA bisa melaakukannya dengan cepat. Bisa melakukan yang tidak bisa dilakukan excel secara manual, misalnya, membuat game di excel.


Dokumentasi ketika siswa belajar membuat aplikasi Entry Data Siswa dengan pemograman script VBA Excel di Lab. Komputer SMAN 1 Bojonegoro

Diatas adalah keuntungan bila kita menguasai VBA untuk excel. Bila kita sering bekerja menggunakan excel, akan lebih baik jika kita menguasai macro dan VBA. Lalu betapa pentingnya belajar excel makro? Baik pertama-tama excel yang merupakan perangkat lunak pengolah  angka ini merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh berbagai pihak. Lembar kerja yang berorientasi pada pengolah data dan angka. 

Manfaat program pengolah angka Ms. Excel.
  • Melakuakan dengan rumus sederhana perhitungan dengan rumus yang kompleks
  • Melakukan perhitungan statistik
  • Melakukan perhitungan keuangan
  • Mengolah angka menjadi grafik
  • Mengolah database

Untuk belajar Excel Makro memilki tahapan tersendiri, seperti anda harus mennguasai Toolbox pada excel, siswa siswi harus belajar bahasa pemrogramman VBA untuk Excel. Untuk belajar Excel Makro harus secara bertahap dan anda harus memilki keinginan yang kuat untuk belajar. Itu adalah sedikit paparan mengenai Excel Makro dan anda bisa dikembangkan sendiri siswa siswi.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search